Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

surat lamaran pekerjaanMemiliki pekerjaan yang mapan memang sangat menyenangkan. Namun untuk yang mencari pekerjaan ataupun baru saja lulus dari perguruan tinggi dan belum memiliki pengalaman barangkali dihadapkan dengan kebingungan untuk menulis surat lamaran kerja. Barangkali Anda sudah mengirimkan banyak surat lamaran kerja namun tidak kunjung mendapatkan tanggapan, coba perhatikan kembali lamaran yang Anda tulis, mungkin saja ada yang tidak sesuai dan tidak efektif. Melihat dan membaca contoh lamaran sangat baik karena akan menambah referensi Anda mengenai lamaran kerja yang paling sesuai. Nah, untuk mengatasi mengatasi hal ini ada tips yang bisa dilakukan.

1. Ketika menulis surat lamaran pekerjaan, hindari kalimat yang bertele-tele. Biasanya, pimpinan lebih menyukai kalimat yang singkat, tidak bertele-tele namun mendeskripsikan kualifikasi yang Anda miliki. Anda tidak perlu menuliskan kata-kata indah ataupun menggunakan kata-kata kiasan dalam surat lamaran. Dengan menulis surat lamaran yang singkat namun jelas berarti hanya membutuhkan satu halaman untuk menulis lamaran. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena jangan sampai Anda menuliskan lamaran hingga berlembar-lembar, karena cukup hanya satu halaman.

2. Tulislah surat lamaran dengan bersih dan rapi. Jika perusahaan ataupun intansi tidak memuat syarat khusus ditulis dengan tulisan tangan, Anda bisa menulis surat tersebut dengan menggunakan komputer. Dengan menulis menggunakan komputer maka lamaran yang akan dikirimkan akan terlihat lebih rapi dan bersih. Namun jika surat tersebut ditulis tangan, hindari penggunaan correction pen dan jika ada salah penulisan, lebih baik membuat yang baru. Karena itu sebelum menulis surat untuk suatu jabatan, tidak ada salahnya melihat terlebih dahulu contoh surat. Biasanya dalam satu instansi yang akan merima calon pegawai dalam pengumuman yang dikeluarkan memuat contoh lamaran yang akan dikirimkan.

3. Dalam menulis lamaran, hal-hal inti dalam surat lamaran ini jangan sampai terlupakan. Mulai dari kepada siapa surat tersebut ditujukan, dari mana Anda mengetahui informasi lowongan yang dilamar, biodata yang lengkap termasuk nomor telepon yang bisa dihubungi dan juga cantumkan kualifikasi yang Anda miliki. Ada banyak contoh lamaran untuk berbagai posisi yang bisa Anda jadikan referensi dalam menulis lamaran ini.

4. Jangan memuat banyak lampiran. Anda cukup melampirkan hal-hal penting seperti fotocopy identitas diri, ijazah, nilai dan surat pengalamana kerja maupun sertifikat-sertifikat pendukung lainnya. Sertifikat ini mesti disesuaikan dengan bidang jabatan yang akan Anda lamar. Jika ingin melamar sebagai programmer di suatu media, maka Anda bisa lampirkan sertifikat pelatihan pembuatan program siaran.

5. Jangan menggunakan singkatan. Perlu diingat, menulis lamaran kerja tidaklah sama dengan menulis pesan singkat seperti di ponsel. Tidak perlu menyingkat kata, karena Anda tidak akan membayar per karakter untuk surat lamaran ini. Oleh karena itu gunakan kalimat yang jelas bukan singkatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>