Apa Pekerjaan yang Sesuai untuk Saya?

pekerjaan yang tepatTiap orang yang telah dewasa pasti memiliki keinginan untuk bekerja dan berpenghasilan sendiri. Namun untuk mendapatkan pekerjaan yang tepat dan kita sukai memang gampang-gampang susah, karena banyaknya lowongan pekerjaan yang ditawarkan seringkali tidak sesuai dengan kapasitas kita. Masing-masing orang mempunyai pilihan sendiri-sendiri, ada yang ingin menjadi pegawai negeri, pegawai swasta, atau wiraswasta. Kadangkala kita bingung tentang pekerjaan apa yang tepat untuk kita. Mungkin saja ada di antara kita yang lulusan D3, S1, atau bahkan S2 tapi kita tidak suka bekerja di bidang tersebut. Karena bisa saja di tengah perjalanan hidup kita mengalami perubahan orientasi. Ada yang rela membayar sekian puluh juta supaya dapat diterima sebagai pegawai negeri, namun ada juga yang dulu sudah diterima menjadi pegawai negeri akhirnya memilih mengundurkan diri karena lebih memilih bekerja sebagai wiraswasta.

Pekerjaan yang tepat bagi kita adalah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat, serta kita menyukainya dan dapat menikmati aktivitas pekerjaan tersebut. Kita merasa nyaman, bebas, dan tidak terbebani. Dengan demikian kita akan betah dalam menekuni pekerjaan tersebut. Gaji yang besar tidak menjamin kebahagiaan jika kita mengalami stress ketika berada di lingkungan kerja. Ijazah yang kita miliki belum tentu sama dengan minat dan bakat kita. Kadang-kadang kita sendiri tidak mengetahui apa bakat kita, hal ini bisa disebabkan karena kita selalu diarahkan untuk bekerja sesuai dengan jurusan kuliah sehingga kita tidak berpikir bekerja selain itu. Sebenarnya banyak sekali peluang usaha yang bisa kita ambil selama kita jeli dalam mencari kesempatan.

Ada beberapa tips dalam memilih pekerjaan yang cocok bagi kita:

1. Kenalilah diri sendiri, bagaimana sifat-sifat kita, minat dan bakat. Biasanya dalam keadaan yang terpaksa otak kita mulai dapat berpikir kreatif yang sebelumnya tidak terpikir sedikitpun. Karakter dan sifat diri dapat dijadikan patokan mengenai pekerjaan yang akan dipilih walaupun tidak mutlak. Misalnya kita memiliki pribadi yang ramah, mudah bergaul, jujur, dan berani. Maka pekerjaan yang cocok misalnya adalah pengajar, bagian pemasaran atau promosi. Jika sifat kita cenderung pendiam bahkan pemalu, maka pekerjaan yang cocok adalah di bagian produksi.

2. Jika ingin berwiraswasta maka pilih peluang usaha yang diperkirakan memiliki prospek yang bagus. Misalnya saat ini sedang maraknya obat herbal, maka usaha di bidang ini cukup menjanjikan.

3. Belajar pada orang lain yang sudah berpengalaman, jika bisa bekerja padanya untuk sementara waktu sambil belajar.

4. Lihat kemampuan finansial, jika sekiranya kita belum mampu ada baiknya untuk mengumpulkan modal dahulu atau bekerjasama dengan teman.

5. Jangan takut untuk mencoba dan gagal. Karena mungkin saja kita baru menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat setelah sekian kali mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>