Tips Memilih Pekerjaan

memilih pekerjaanMemang menemukan pekerjaan yang ideal itu susah-susah gampang. Berapa banyak perusahaan yang selalu mencari tenaga kerja dan susah untuk menemukannya. Dan berapa banyak pula pengangguran yang selalu mencari lowongan kerja padahal mereka memiliki keahlian, pengalaman dan ijazah sarjana. Kalau Anda merupakan salah seorang yang berada di posisi tersebut atau sekarang adalah seorang pengangguran, Anda bisa melihat tips berikut sebagai panduan untuk memilih pekerjaan yang cocok:

1. Minat dan bakat. Dalam memilih pekerjaan yang pertama harus dianalisa adalah apakah minat dan bakat yang Anda miliki. Ini penting untuk kenyamanan bekerja. Percuma jika menjalani suatu pekerjaan tetapi tidak sesuai dengan keinginan hati Anda, karena ini tidak akan menciptakan hasil yang maksimal. Misalnya jika berminat dibidang pemasaran tetapi bekerja dibidang keuangan. Bisa jadi umur Anda bekerja tidak akan lama, karena akan cepat merasa bosan. Jadi minat dan bakat ini sangat penting dalam hal memilih lowongan kerja.

2. Membuat daftar prioritas. Anda dapat melakukan studi analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) untuk diri sendiri misalnya kelebihan Anda adalah cermat dan teliti tetapi tidak memiliki relasi yang banyak. Dengan begini Anda bisa bekerja di belakang meja seperti staff administrasi. Anda pikirkan juga tentang kesempatan dan peluang karir yang bagus jika mengambil posisi sebagai staff administrasi.

3. Latar belakang perusahaan. Anda berhak mengetahui tentang latar belakang perusahaan tempat bekerja nantinya. Apakah perusahaan tersebut memiliki kelengkapan izin seperti SITU, SIUPP dan sebagainya. Hal ini penting untuk bertahan di perusahaan ini. Anda tentu tidak mau jika di tengah jalan tiba-tiba kantor Anda ditutup karena tidak memiliki izin.

4. Gaji dan fasilitas. Anda harus mengetahui standar gaji yang ditetapkan perusahaan. Misalnya apakah di perusahaan tersebut gajinya hanya UMP (Upah Minimum Provinsi) saja atau ada tunjangan lainnya seperti uang makan, transportasi , kesehatan dan lainnya. Kalau Anda seorang fresh graduate (baru lulus kuliah) mungkin tidak menjadi masalah karena ingin mendapatkan pengalaman terlebih dahulu, tetapi berbeda dengan yang sudah berpengalaman, tentu Anda ingin dihargai dengan gaji dan fasilitas yang jelas.

5. Jalani dengan tekun dan ikhlas. Jika sudah memilih suatu pekerjaan, sebaiknya Anda harus tekun dan ikhlas bekerja. Jangan terlalu banyak menuntut hal-hal yang berlebihan. Biasanya pimpinan selalu menilai sikap dan mental karyawan terlebih dahulu. Jika sudah bekerja dengan benar yakinlah Anda pasti akan nyaman dan dapat menikmati pekerjaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>