Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran DiriSetelah Anda membulatkan tekad untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Anda ini, tentu Anda telah mempersiapkan sebuah surat untuk menyatakan bahwa Anda akan meninggalkan pekerjaan Anda sekarang. Surat yang kita namakan surat pengunduran diri, haruslah dibuat dengan tingkat keseriusan yang sama seperti saat Anda membuat lamaran untuk posisi Anda yang terakhir ini. Buatlah surat pengunduran diri tersebut serapi mungkin dan juga dengan kalimat atau kata yang baik pula, agar pemilik perusahaan tidak memandang Anda sebagai karyawan yang hanya mau enaknya saja. Saat Anda mau keluar dari pekerjaan inipun haruslah memiliki kesamaan sikap seperti saat Anda melamar pekerjaan ini di masa lampau, yakni sikap untuk serius dalam membuat surat pengunduran diri Anda tersebut.

Untuk mematuhi etika kesopanan pula, maka diharapkan sampul surat pengunduran diri Anda adalah sampul surat yang rapi dan masih baru. Janganlah sekali-kali Anda memasukkan surat pengunduran diri Anda tersebut kedalam sampul yang bekas pakai dan yang bercorat-coret sana-sini. Tentunya bila ini Anda aplikasikan di surat pengunduran diri Anda, maka Anda pasti dinilai sebagai orang yang selama ini bekerja seenaknya saja tanpa etika. Jadi sebaiknya peliharalah terus etika Anda saat Anda akan mengundurkan diri sekalipun, agar suatu saat Anda akan mendapat referensi yang bagus di mata perusahaan yang hendak Anda lamar berikutnya.

Setelah segalanya telah disiapkan untuk pengunduran diri Anda tersebut, maka ada satu hal lagi yang tidak boleh Anda lupakan, yakni menyelesaikan sisa pekerjaan yang telah diberikan kepada Anda. Sebaiknya Anda tetap menunjukkan itikad baik untuk menyelesaikan sisa pekerjaan tersebut, karena dengan demikian Anda akan dinilai sebagai orang yang bertanggung jawab tentunya terhadap pekerjaan Anda. Itikad baik ini harus tetap Anda tunjukkan, bila seandainya jeda waktu Anda untuk bergabung dengan perusahaan lain telah tiba, maka Anda tetap harus mendukung unjuk-kerja orang pengganti Anda untuk menyelesaikan beban pekerjaan yang masih dipikul. Dengan melakukan hal-hal tersebut, maka diyakini bahwa hidup Anda masih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>